Mayanda Z Anandayu · Stories

Perkembangan Anak 13 bulan

Setiap hari ada saja kelakuan anak semata wayang kami, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, bahkan selagi tidur. sebagian ada yang membuat kami tertawa, was-was, cemas, kaget, takjub, dan perasaan campur aduk terharu biru melihat tingkah polah anak yang sekarang usianya menginjak 13 bulan.

Flash back sejenak, perkembangan Nanda di usia 4 bulan sudah tengkurap walau tidak terlalu mahir, 6 bulan merangkak pertama kali, 8 bulan duduk tegap dan tidak oleng, 9 bulan mulai tumbuh gigi bagian depan gusi bawah, 12 bulan berhasil melangkahkan kaki walau hanya beberapa langkah tanpa harus berpegangan, 13 bulan dapat berdiri sendiri dan berjalan bahkan berlari.

Betapa cepat waktu berlalu, sekarang Nanda sudah mengantongi beberapa kosakata yang dapat dia ucapkan dengan jelas seperti mamam, nenen, bubu (panggilan bunda), apa, dan beberapa kata yang cukup dia dan Tuhan saja yang tau (nggak ngerti hehehe…). Di usianya sekarang Nanda mengerti apa yang kami sampaikan, meniru apa yang kami kerjakan, memahami apa yang kami ajarkan, mungkin ini lah yang disebut masa-masa golden age dimana otak anak diumpamakan seperti sponge yang dapat dengan mudah menyerap air, karena itu pula kami harus extra hati-hati baik dalam berucap maupun bertindak, karena ada anak kecil yang siap mencerna apa-apa yang dia lihat sekitarnya, kami yakin anak adalah cerminan orang tuanya. so, please be wise mom & dad..

Bersenandung tak jelas dan mengoyangkan badan begitu ada musik mengalun menjadi salah satu rutinitas dalam kesehariannya, apalagi kalau lagu naik delman diputar, laptop pun pernah mati mendadak gerara di tepuk tangan mungil saking antusiasnya. Nanda bisa dibilang anak rumahan, karena kami kakeknya tidak mengijinkan Nanda untuk bermain dan dititip oleh sembarang orang, bahkan saudara dan tetangga sekalipun, dengan alasan utama takut diberi makan sembarangan.

Seharian Nanda berintaraksi dengan kakek-nenek dan terkadang dengan para penumpang yang sedang menunggu kedatangan bis (kebetulan ada pool bis di depan rumah) dan beberapa orang yang hendak membeli keperluannya di toko kakek. Nanda minim berinteraksi dengan anak-anak baik itu sebayanya atau diatas umurnya (masih anak-anak yah..) dan itulah terkadang jika Nanda bermain dengan anak lainnya dia lebih dominan, mau menang sendiri karena memang tidak ada saingan di rumah, contohnya seperti dia tidak mau sharing mainan, merebut barang, terkadang cuek dan asyik bermain sendiri.

Melihat ada gejala-gejala “negatif” sepeti itu dalam diri Nanda yang mulai muncul, tiap ada kesempatan saya dan suami selalu mengajak dia bermain ke sodara yang disitu ada anak kecilnya, berharap sedikit demi sedikit dapat terkikis sifat “negatif” nya, dan sekali lagi kami percaya anak adalah cerminan orang tua, dan lingkungan tak kalah penting dalam pembentukan karakter seorang anak.

 

Iklan

2 thoughts on “Perkembangan Anak 13 bulan

  1. Feris juga sempet ngalamin gejala-gejala “negatif” itu dan memang akhirnya jadi nguap setelah sering sharing mainan sama anak-anak kecil seumurnya. Jadi Insya Allah Nanda juga bisa πŸ™‚
    Btw, kenapa ya begitu nyampe di kalimat “Bersenandung tak jelas dan mengoyangkan badan begitu ada musik mengalun menjadi salah satu rutinitas dalam kesehariannya” , yg kebayang adalah Nanda joget dengan rambut imitasi yg kemarin diposting hihihi.
    Sehat dan happy terus ya Nandut :*

    Suka

  2. olaaaa.. feris juga gitu ya la, oke deh semoga ini proses aja ya jangan sampe mendasar jadi karakter hehehee…
    hahhaa… kebayang ya, nanti lain waktu aku share video nya πŸ˜€
    *peluk sayang juga buat feris cantik muaahh..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s