Home

[H O M E] it’s not just a place, it’s a feeling!

“Kalau sudah jodoh takan lari kemana”, kata-kata klasik yang sering kita dengar, dan saya mengalaminya itu. Dahulu kala saat bertemu dengan pak Helmi, awalnya kami bersahabat dan memutuskan untuk mengakhirinya di pelaminan, yup.. satu kata “jodoh”.

Satu hal lagi yang kami anggap berjodoh dengan kami saat ini, yaitu sebidang tanah. Saya pribadi percaya dengan kata-kata “Rumah itu jodoh-jodohan”, persis sama dengan kekasih hati, sudah mencari kesana-kemari dengan menetapkan kriteria yang ideal, kalau belum berjodoh ya kesempatan  nya hilang dan lenyap entah kemana. Lain hal nya kalau memang itu sudah tersirat akan menjadi hak kita, sekali lagi kata “jodoh” mengambil alih.

Kami sepakat untuk membangun rumah dari NOL, kami rela menggerus pundi-pundi tabungan, mengikhlaskan lokasi yang terletak jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota, karena kami yakin “H O M E, it’s not just a place, it’s a feeling“. Ini bukan hanya membangun tempat hunian, tapi lebih kepada membangun impian. Impian ketika kita membangun rumah tangga, membesarkan dan mendidik anak-anak kelak dan tempat berkumpul disaat kita berusia senja.

Beruntungnya bisa berkonsultansi dengan teman arsitek yang dengan berlapang dada mendengarkan mimpi kami, akhirnya tema yang di usung adalah “Tropical Minimalis”. Konsep hunian yang ramah lingkungan, dengan bukaan yang maksimal, tidak perlu penggunaan Air Conditioner (AC) dan lampu di siang hari, sehingga dapat menghemat konsumsi listrik.

Hunian yang fungsional juga menjadi kriteria tema hunian ini. Kami membangun hanya ruang-ruang yang akan di gunakan nantinya, memutuskan tidak membangun ruang khusus yang biasa menyambut kedatangan tamu di muka rumah karena menurut pertimbangan kami, ruang tersebut tidak memberi fungsi maksimal dalam penggunaannya.

Arah muka menghadap ke Timur, dengan alasan mendapatkan sinar matahari pagi dengan maksimal. Hanya terdapat halaman depan saja, kenapa? karena ya itu tadi kembali ke konsep awal hunian yang fungsional, halaman depan merupakan alun-alun hunian kami, dimana disana kami pusatkan untuk semua kegiatan luar ruangan, anak-anak dapat bermain dengan bebas, tempat berkumpul keluarga atau kerabat, tempat dimana kami bisa berkreasi dalam menanam, dan tempat dimana kami dapat menikmati secangkir teh hangat dikala fajar menyapa.

Impian ini sedang kami bangun bersama, seraya kami berdoa semoga ini jodoh kami sampai usia menginjak senja.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s