#1minggu1cerita · weekend cooking

[weekend cooking] Real Simple

Thanks God It’s Friday…” itu lah teriakan paling lantang di ucapkan menjelang weekend setelah sepekan lelah dengan berbagai aktifitas, baik itu pekerjaan kantor, tugas kuliah atau kegiatan lainnya yang sudah menyita waktu serta tenaga. Weekend adalah hari dimana kita dapat menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta seperi keluarga, teman-teman atau bahkan pacar.

Banyak pilihan kegiatan dalam menghabiskan akhir pekan bersama orang-orang tercinta; bagi yang suka film, nonton di bioskop atau beli dvd menjadi pilihan yang menarik. Bagi kalian yang suka ngopi, memanjakan lidah dengan mencicipi menu andalan coffee shop terbaru bisa menjadi alternative untuk mengisi akhir pekan bersama teman-teman. Wisata kuliner menjadi trend setelah berjamuran tempat-tempat makan atau jajanan-jajanan yang beraneka ragam,  atau bahkan hanya sekedar jalan-jalan di mall sambil berburu diskon sah-sah saja bukan?  itu hanya sebagian kecil ragam kegiatan yang dapat dilakukan disaat weekend.

Bagaimana kalau weekend ini kita isi dengan memasak untuk orang  yang kita cintai? wah.. ini bisa menjadi tantangan tersendiri bukan?! Memasak menjadi alternative dalam mengisi akhir pekan, disamping dapat menekan angka nominal yang biasa kita keluarkan di meja kasir, sudah dapat dipastikan rasanya pasti berbeda bila kita sendiri yang membuat hidangan untuk orang-orang terkasih disekitar kita, karena semua hidangan dipenuhi dengan rasa cinta (haahaa….lebaaay).

Pilihlah menu yang simple saja, hindari menu yang membutuhkan waktu yang cukup lama, pilih bahan yang sekiranya mudah untuk di dapat dan tidak banyak mengunakan bumbu-bumbu. Ini dapat memudahkan kita dalam proses memasak, apalagi bagi yang kurang pengalaman dalam hal masak memasak (seperti saya) pemilihan menu menjadi sangat penting untuk mengurangi angka kegagalan di dapur.

Menu yang dapat di coba salah satunya adalah Spaghetti, menurut saya menu masakan ini masuk dalam kriteria menu “simple” kenapa? karena proses memasaknya cepat, bahan yang digunakan tidak banyak (ya iya lah kalo dibandingkan dengan masak rendang). Spaghetti memiliki banyak varian, namun yang akan saya share kali ini adalah Spaghetti aglio e olio.

Aglio e olio dalam bahasa Italia yang berarti minyak dan bawang putih. Spaghetti aglio e olio merupakan salah satu menu tradisional Italia yang konon berasal dari Napoli (sumber : Wikipedia). Jika dibandingkan dengan olahan pasta lainnya, menu satu ini rasanya lebih light  karena bumbu-bumbu yang dipakai memang sangat minimalis, biasanya dapat ditambahkan cabai, peterseli cincang, atau taburan keju.

Bahan untuk membuat Spaghetti Aglio e oilo

  • spaghetti 250 gram
  • minyak zaitun 3 sendok makan
  • cabe rawit (tingkat kepedasan sesuai selera)
  • bawang putih 5 siung, cincang halus
  • udang 250 gram
  • peterseli, cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Air 2 liter

Cara Membuat Spaghetti Aglio Oilo

  1. Panaskan 2 liter air, kemudian masukan garam dan minyak masing-masing 1 sendok makan. Tunggu hingga mendidih  dan masukan  pasta spaghetti. Tunggu sampai tingkat kematangan “al dente”
  2. Tumis bawang putih dengan minyak zaitun sampai tercium bau harum. Kemudian masukan cabe rawit dan udang, aduk rata dan tunggu hingga udang berubah warna.
  3. Terakhir masukan spaghetti, dan tambahkan peterseli cincang, aduk sampai semuanya merata dan matikan kompor.
  4. Spaghetti Aglio e Oilo sudah siap disajikan .

EUY_7335EUY_7345

 

Untuk menyempurnakan masakan yang telah di buat, kita butuh minuman fresh sebagai pelengkap. Masih  mengusung tema masakan simple untuk jenis minuman yang akan kita buat adalah “mojito”.

Secara tradisional, mojito adalah koktail yang terdiri dari lima bahan: rum putih, gula (tradisional sari tebu), air jeruk nipis, air soda, dan mint. Resep Kuba asli menggunakan spearmint atau yerba buena. (sumber : Wikipedia)

Menurut saya Mojito sangat cocok sekali diminum ketika cuaca sedang panas, karena minuman ini berhasil membuat fresh. Berikut ini bahan yang digunakan dalam pembuatan Mojito tentu saja tanpa menggunakan alkohol samasekali :

Bahan untuk membuat Mojito

  • 1-2 sendok makan gula pasir atau simple syarup
  • Beberapa lembar daun mint
  • Sari ½ buah jeruk nipis
  • Air soda
  • Es

Cara Membuat Mojito

  • Tuangkan gula, sari jeruk nipis ke dalam gelas beserta daun mint yang sudah di memarkan
  • Tambahkan es batu kedalam gelas
  • Terakhir tuangkan soda
  • Mojito siap disajikan (porsi : 1 gelas)

EUY_7339

Lengkap sudah menu masakan khusus akhir pekan kita, simple, dan rasanya pun tak kalah dengan menu restoran ternama. Semua bahan mudah di dapat dan tersedia di pasar tradisional. Menu diatas dapat dinikmati bersama keluarga atau bahkan sebagai menu nge-date bersama pacar di rumah dan pastinya low budget.

Pastikan kalian buktikan sendiri rasanya, selamat mencoba !

Tulisan ini untuk :

aJZAOudE

 

Iklan

9 thoughts on “[weekend cooking] Real Simple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s