#1minggu1cerita

Konsumerisme Menjelang Lebaran

Terkait budaya yang satu ini, saya berani unjuk tangan tinggi-tinggi. sedari kecil saya salah satu penganut budaya ini. kenapa tidak, dari jauh hari sebelum lebaran, saya sudah siapkan list berisi runtutan barang-barang yang ingin dimiliki sebelum hari raya tiba, suatu budaya yang melekat dan terkadang tidak disadari kita lestarikan, konsumerisme menjelang lebaran.

Dulu sewaktu remaja, saya penganut aliran konsumerisme Β menjelang Lebaran garis keras, demi satu setel pakaian lengkap dengan sepasang alas kaki saya rela berdesak-desakan dan pernah hampir pingsan gegara belanja di salah satu pusat perbelanjaan teramai di kota Bandung, yang akhirnya berujung duduk lemas dipinggir pedagang duku ditemani dengan minuman dingin bermerek “teh botol Sosro”. Tidak ketinggalan kegiatan yang benar-benar diluar kebiasaan keluarga, menghias rumah dengan beberapa tangkai bunga sedap malam lengkap dengan vas bunga tinggi besar.

Karena memang sebagian orang mendapatkan rezeki lebih dari biasanya beberapa hari sebelum hari-H sehingga sebagian besar dari mereka lebih konsumtif menjelang hari Idul fitri hanya semata-mata mereka ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya.

Alangkah baiknya bila kita lebih bijak dalam menganggarkan setiap pengeluaran, dapat memilah mana yang benar-benar dibutuhkan dan yang dapat dikesampingkan. seperti hal nya kami, sekarang saya dan pak suami sepakat akan memangkas budaya yang saya anut semasa kecil, yaitu wajib membeli baju baru ataupun keperluan lain yang semata-mata hanya akan memperparah ratapan ketika melihat bon belanjaan. Dengan begitu, tidak ada lagi tumpukan kue nastar yang berjamur di atas meja, tidak ada lagi segenggam bunga sedap malam yang layu di vas bunga kaca.

 

Iklan

One thought on “Konsumerisme Menjelang Lebaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s