Kemping #zerowaste, mungkinkah ?

Di penghujung tahun 2019 lalu saya dapat pesan Whatsapp dari kerabat, dia tanya kapan mulai cuti liburan, dengan enteng saya jawab nanti di tanggal merah. Dia pun lantas membalas pesan yang saya kirim, “lho, kan perlu evaluasi diri dan penyusunan target 2020”. Kemudian hening.

Saya dan suami mungkin tipikal orang yang santai karena tidak banyak melahirkan goal setting, bisa dibilang tidak terlalu ambisius, yang penting hidup bisa tetap mengalir. Saya jadi ingat waktu mengisi pertanyaan Psikotest; gambarkan diri anda 5 tahun mendatang, dan ini salah satu pertanyaan yang inginnya saya kosongkan saja, karena harus mengarang bebas tapi tetap rasional hehehehe…

Tahun dua puluh dua puluh ini, kami coba berkomitmen (lebih serius) mengenai sampah, entahlah ini termasuk resolusi atau goal setting yang pastinya kami ingin mengubah pola hidup yang lebih ramah lingkungan. Isu sampah plastik yang sedang populer menarik perhatian kami, karena dampak yang ditimbulkan sangat mengerikan.

Bentuk nyata dalam merealisasikan komitmen, salah satunya mengikuti program #zerowaste. Kami coba aplikasikan sedikit demi sedikit dalam kehidupan sehari-hari. Langkah sederhana yang kami lakukan adalah mencoba istiqomah mengikuti program #zerowaste dengan cara meminimalkan penggunaan plastik sekali pakai.

Apa itu Zerowaste? Bebas Sampah (Zero Waste) adalah filsafat yang mendorong perancangan ulang daur sumberdaya, dari system linier menuju siklus tertutup, sehingga semua produk digunakan kembali. Zero waste adalah tujuan etis, ekonomis, efisien dan visioner, untuk memandu masyarakat dalam mengubah gaya hidup dan praktik-praktik mereka dalam meniru siklus alami yang berkelanjutan, dimana semua material yang tidak terpakai lagi dirancang untuk menjadi sumber daya bagi pihak lain untuk menggunakannya.

Di akhir tahun kemarin, saya memutuskan mengambil cuti tahunan, walaupun yang di approve pimpinan hanya 1 hari saja dari total hari yang diajukan.  Kami pergi kemping di akhir pekan plus tambahan 1 hari cuti tahunan hahaha..

WhatsApp Image 2020-01-02 at 12.05.57 (3)

Kali ini saya dan pak suami sepakat kemping dengan membawa misi #zerowaste, semua perbekalan yang akan kami bawa seminimal mungkin tanpa plastik sekali pakai. Untuk makanan kemasan, kami alihkan ke wadah/tempat makanan, sementara air minum kami bawa tumbler, tapi jujur saja kegiatan kemping kali ini masih belum bisa sepenuhnya terbebas plastik sekali pakai, namun bisa kami pastikan satu langkah perubahan sudah kami lakukan.

WhatsApp Image 2020-01-02 at 12.05.59
Tahu, telur, sop buntut, donat, sereal dan makanan lain yang dibawa, kami alihkan ke wadah/tempat makanan.

Saat kemping kemarin, kami tetap melakukan pemilahan sampah, untuk sampah organik kami membuat lobang sebelah tenda dan menguburnya, untuk sampah non organik kami bawa kembali ke bawah saat pulang. Jangan beranggapan kami sempurna dengan melakukan hal tersebut diatas, ada kalanya kamipun membakar serta 1 atau 2 sampah plastik diatas api unggun. Yaa.. tolong dimaafkan.

WhatsApp Image 2020-01-16 at 15.49.48
Gambar diatas adalah lobang sampah organik yang kami buat di pinggir tenda.

Kami melakukan ini untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai saat kemping :

  1. Merencanakan barang bawaan. Hal ini adalah “koentji” kemping minim sampah;
  2. Membeli makanan seperti sayuran/buah-buahan menggunakan wadah/tempat sendiri atau langsung memasukannya kedalam tas perbekalan;
  3. Menyiapkan wadah/tempat makanan, alat makan yang bisa dicuci dan dipakai kembali;
  4. Membawa makanan jadi, kebetulan saya membawa rendang yang dimasak sebelumnya di rumah, sedikitnya bisa mengurangi kegiatan memasak saat kemping;
  5. Refil tumbler yang sudah kosong. Kami mengambil air dari sungai kemudian merebusnya untuk kebutuhan minum.
  6. Untuk menghindari shampoo dalam kemasan sachet, kami mengalihkan sebagian shampoo kedalam botol ukuran kecil.

Langkah kami dalam perjalanan #zerowaste baru seumur jagung, masih banyak hal-hal yang perlu kami benahi, dan yang paling penting menjaga komitmen dalam melakukannya. Semoga tidak berhenti disini, karena kami yakin, langkah kecil dapat membuat perubahan besar.

One thought on “Kemping #zerowaste, mungkinkah ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s